Pembelajaran Normal Baru di SMKN 1 Jenangan

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan awal tahun pelajaran 2020/2021 akan dimulai pada 13 Juli 2020 mendatang. Proses belajar mengajar seluruh peserta didik di Indonesia, terutama pada wilayah zona kuning hingga merah Pandemi Covid-19, akan diterapkan dengan model pembelajaran Normal Baru. SMKN 1 Jenangan melalui Tim Kurikulum yang dikomando oleh Bambang Suwarno, S.ST telah memformulasikan sistem pembelajaran era Normal Baru dan telah dipublikasikan kepada para Pendidik di sekolah Adiwiyata tersebut pada Selasa 7 Juli 2020 lalu.

Sistem pembelajaran yang akan diterapkan pada era Normal Baru akan menggunakan sistem blok. Sistem pembelajaran ini tentunya berbeda dengan sitem pembelajaran yang diterapkan pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun-tahun sebelumnya, peserta didik mendapatkan jadwal pelajaran dan guru mata pelajaran yang sama setiap minggunya selama dua semester. Tahun Pelajaran 2020/2021 ini, peserta didik akan mendapatkan jadwal dan guru mata pelajaran yang berbeda pada setiap minggunya selama dua semester. Sehingga, baik peserta didik maupun guru pengampu mata pelajaran akan mendapatkan suasana belajar yang selalu segar dan baru setiap minggunya.

Suasana kegiatan belajar mengajar Era Normal Baru juga akan sangat terasa pada penerapan sistem blended learning. Pola belajar di SMKN 1 Jenangan pada Tahun Pelajaran 2020/2021 ini akan dilaksanakan secara luring (tatap muka) dan daring dengan menggunakan virtual class. Untuk pembelajaran tatap muka, peserta didik disetiap kelas akan dibagi lagi menjadi dua kelompok sub-kelas. Pada hari Senin dan Selasa, peserta didik yang terjadwal tatap muka adalah nomor absen 1 sampai 18. Sedangkan, nomor absen 19 sampai selesai akan terjadwal pada hari Rabu dan Kamis. Kegiatan pembelajaran daring akan dilaksanakan pada hari Jumat dan saat peserta didik tidak terjadwal untuk masuk pertemuan tatap muka.

Dengan diterapkannya sistem pembelajaran yang baru ini, keluarga besar SMKN 1 Jenangan berharap kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun di rumah mampu mencapai target maksimal. Dari sistem pembelajaran Era Normal Baru ini, kita semua belajar bahwa peradaban dunia sudah bergeser dan kita harus mampu beradaptasi menghadapi gelombang evolusi. SMKN 1 Jenangan JAYA LUAR BIASA!!