Diklat Pengenalan Medan 2021 PPA Janggala SMKN 1 Jenangan

Perubahan iklim akibat pemanasan global di dunia saat ini semakin memprihatinkan. Hal ini memantik perhatian dan keprihatinan berbagai elemen masyarakat. Sebagian dari mereka lalu membuat sebuah organisasi yang bergerak di alam bebas, pada bidang petualangan, lingkungan hidup dan konservasi alam, pendidikan maupun kemanusiaan. SMKN 1 Jenangan sebagai lembaga pendidikan vokasi mengambil peran dalam pergerakan ini. Pelajar Pecinta Alam Janggala (PPA Janggala) adalah organisasi yang akan selalu memberikan perhatian lebih pada isu-isu alam dan kemanusiaan. Organisasi yang dipimpin oleh Ami Wijaya ini telah berhasil mecetak prestasi dalam berbagai perlombaan pecinta alam hingga tingkat nasional.

Pada tanggal 8 MAret 2021 lalu, PPA Janggala menyelenggarakan DIklat Pengenalan Medan Tahun 2021 kepada anggota baru yang terdiri dari peserta didik kelas X. Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Upacara SMKN 1 Jenangan dan dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Fajar Riyanto. Pada pidato pembukaannya, Fajar Riyanto berpesan kepada seluruh peserta untuk selalu mentaati protokol kesehatan dan peka terhadap isu-isu kemanusiaan dan alam yang ada di sekitarnya.

Di dalam kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini, para peserta diklat mendapatkan tiga materi utama yaitu pengenalan alur alam, pelatihan ketangkasan, dan pengenalan alam sekitar kepada anggota PPA JANGGALA. Kebahagiaan dan keceriaan nampak jelas terlihat di wajah-wajah para peserta dan panitia. Penyelenggara kegiatan ini berharap anggota baru PPA Janggala akan menjadi individu yang gemar bergerak di alam bebas, pada bidang petualangan, lingkungan hidup dan konservasi alam, pendidikan maupun kemanusiaan. (wu)