Seminar Product Knowledge Panasonic Program Keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara SMKN 1 Jenangan

Perubahan iklim saat ini menjadi permasalahan global dan terjadi di seluruh belahan bumi ini. Deretan benua yang masuk dalam daerah tropis saat ini mengalami peningkatan suhu yang mengakibatkan munculnya berbagai permasalahan. Penataan sistem udara dan refrigerasi saat ini menjadi kebutuhan utama seluruh sektor perindustrian. Kenyamanan dan kemanan tenaga kerja menjadi kunci keberhasilan suatu industri. Namun demikian, kesehatan lingkungan hidup juga harus tetap menjadi prioritas, demi keberlangsungan kehidupan di atas bumi ini.

Kamis, 18 Maret 2021 Program Keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) yang diketuai oleh Iwan Heri Cahyono berinisiatif menyelenggarakan seminar tentang refrigerasi dan tata udara. Bertempat di aula SMKN 1 Jenangan, Seminar Product Knowledge Panasonic diselenggarakan dengan tujuan inti meningkatkan pemahaman peserta didik kelas X Program Keahlian TPTU pada sistem pendingin dan tata udara yang ramah lingkungan.

Dalam sambutannya, keynote speaker Bapak Slemet Narimo, yang juga merupakan alumni SMKN 1 Jenangan, memaparkan bahwa demi menjaga keselamatan lingkungan hidup, di masa yang akan datang setiap instansi pemerintah harus menggunakan jasa teknisi refrigerasi yang telah tersertifikasi. Hal ini ditanggapi oleh Bapak Bambang Suwarno, Waka Kurikulum SMKN 1 Jenangan, yang meminta Panasonic terus memberikan masukan dan bimbingan kepada Program Keahlian TPTU supaya dapat memberikan layanan pendidikan yang menghasilkan lulusan seperti diinginkan oleh industri refrigerasi.

Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, sekitar 70 siswa dan 10 orang guru diberikan paparan beberapa line-up product terbaru beserta keunggulan-keunggulannya, baik dari segi fitur maupun ketahanan produk dibandingkan produk-produk sebelumnya. Seminar ini sekaligus memperkenalkan produk terbarunya yaitu AC yang bandel, irit, ramah lingkungan dan berumur panjang atau disingkat dengan SIBIRU.

Para peserta nampak sangat antusias dan semangat ketika mendengarkan pemaparan produk terbaru dan teknik instalasi AC, apalagi pihak Panasonic menyediakan begitu banyak doorprice dalam acara tersebut bagi mereka yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemateri .

Selain product knowledge, seminar yang kali ini juga memperkenalkan terobosan-terobosan terbaru dalam peningkatan layanan customer service dan technical support. Panasonic mengharapkan peserta seminar dapat memperhatikan lagi SOP instalasi AC dengan baik dan benar, agar kerusakan unit yang disebabkan oleh kesalahan dalam instalasi lebih diminimalkan.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut MoU bersama PT.Panasonic Manufacturing Indonesia yang telah ditandatangani pada Bulan Januari 2021 yang lalu dan akan dilanjutkan dengan berbagai pelatihan hingga sertifikasi keahlian dari Panasonic. (IHC)