Praktek Kerja Industri di Masa Pandemi

Praktek Kerja Industri (Prakerin) merupakan kegiatan wajib untuk peserta didik SMK. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan orientasi dunia kerja kepada peserta didik di perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia. Pada Tahun Pelajaran 2020/2021 ini, SMKN 1 Jenangan akan melaksanakan kegiatan Prakerin secara serentak mulai tanggal 4 Januari hingga 30 Mei 2021. Demi kelancaran kegiatan ini, pagi ini (30/12) Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) melakukan Rapat Koordinasi Prakerin bersama wali peserta didik kelas XI RPL.

Pada rapat koordinasi tadi, Rochdi Historijanto, Waka Humas SMKN 1 Jenangan menjelaskan bahwa Prakerin yang akan dilaksanakan selama satu semester ini bertujuan untuk memupuk etos kerja dan kreatifitas peserta didik dalam menerapkan keahlian yang telah mereka pelajari mulai semester satu hingga semester tiga. Menurutnya, durasi waktu yang lama di perusahaan mitra sekolah ini nanti akan memberikan dampak yang lebih signifikan terhadap perkembangan keahlian peserta didik dalam menciptakan sebuah produk sesuai dengan permintaan pasar.

Gunaryoko, Kepala Program Keahlian RPL, memaparkan bahwa peserta Prakerin tahun ini akan tersebar di beberapa wilayah Kabupaten dan Kota diantaranya Surakarta, Ponorogo, Madiun, Malang, dan Surabaya. Peserta Prakerin yang melaksanakan kegiatannya di luar Kabupaten Ponorogo akan melaksanakan kegiatan Prakerin secara daring penuh. Namun, pihak sekolah akan tetap melaksanakan pemantauan perkembangan kegiatan Prakerin para peserta dengan menjadwalkan pertemuan secara virtual dengan perusahaan-perusahaan mitra sekolah.

Di akhir pertemuan tadi, Agus Wibowo, Kepala Bengkel RPL, menambahkan bahwa tahun lalu kegiatan Prakerin terbukti mampu mencetak sejumlah peserta didik yang berprestasi. Ada beberapa peserta didik yang sudah mampu memproduksi aplikasi digital dan membangun jaringan bisnisnya, sehingga, pada saat mereka naik ke kelas XII, mereka sudah mampu mendapatkan penghasilan dari kreatifitas mereka. Kreatifitas yang telah mereka miliki ini tentunya merupakan hasil dari keseriusan mereka dalam mengikuti program Prakerin yang telah disusun oleh sekolah.

Keberhasilan sebuah pendidikan vokasi bisa dilihat dari pengaplikasian keahlian peserta didik dalam mencetak suatu produk dan memasarkannya. (WU)